Botol dan Kering Tempe

Hari ini dimulai dengan aktivitas biasa; sabtu pagi beres-beres kelas untuk dipake murid-murid belajar ngomik nanti. Jam 07.15, pas lagi nyapu di dekat pintu depan,saya ngeliat tukang barang bekas dengan gerobaknya lagi ngintip-ngintip rumah depan, berharap ada orang dirumah yang mau menjual barang bekas; soalnya memang rumah itu lagi direnovasi jadi banyaaaak betul bantang bekasnya... Tapi sayang sepertinya lagi ngga ada orang dirumah itu...

Criiing... saya jadi inget saya punya banyak barang bekas... Langsung deh saya panggil si mamang barang bekas. "Mang, ngambil apa aja?" tanya saya. "Eh, iya den?" kaget dia, sambil mutar badan ke arah saya. "Ngambil apa aja, mang?" tanya saya lagi... "Apa aja den, besi, kertas, apa aja."

"Kalo botol mau ngga mang?
"Wah mau den, boleh"
"Yuk, ikut ke dalem, ngambil sendiri aja"
"Iya den"

Masuklah saya ke dalam sambil diikutin si mamang barang bekas. Saya menuju dapur dan langsung membuka lemari di bawah tempat nyimpen barang-barang bekas, ada kurang lebih satu setengah dus* gelas plastik (semacam aqua, vit, ades, ron88 dll) bekas yang sudah dikuliti tutupnya; satu dus* botol beling (a.k.a botol kaca) bekas sambal, sirup, dll dan tiga dus* botol plastik bekas fanta, cocacola, sunsilk, clear, mizone, aqua, vit, nutea, frutea dll... Terus si mamang bilang... "Wah kalo gini saya ambil karung dulu didepan ya den..."

Sekejap saja si mamang sudah beraksi masuk-masukkin barang-barang bekas tadi ke karung raksasanya. Terus saya bilang "Mang, tunggu ya, saya mau ngambilin kertas juga". Saya langsung ke gudang penyimpanan barang-barang bekas kantor SINNAI, disana ada sepuluh rim kertas bekas yang udah saya bungkus rapi (emang udah disiapin kalo ada tragedi kaya gini)... Terus saya bawa ke depan deh, yang langsung diambil alih sama mamang.

Terus kita berdua keluar, sambil mamang beres-beres isi gerobak yang dipakir di garasi rumah saya. Tiba-tiba mamang nanya "Ini jadinya gimana den?" (Maksudnya, ini jadi gimana den, mamang harus bayar berapa untuk barang-barang dari aden) "Wah, mang dibawa aja buat mamang, ini kan rezeki mamang, cuman numpang lewat dari saya aja... Hehehe, sukses ya mang, ati-ati dijalan"

"Iya atuh den, sama-sama, den juga rezekinya semoga tambah lancar" "Nuhun ya den"...

Hehehe, pagi yang menarik, pagi yang saya mulai dengan rasa bahagia, senang rasanya bisa berbagi, dan ketika jam menunjukkan 07.30, saya langsung mengambil nasi & lauknya "kering tempe kentang kacang" saya bawa ke meja belajar murid-murid diruang kelas yang baru saya sapu tadi, sambil bawa laptop disampingnya... terus ngetik cerita tadi pagi jam 07.15 :)

Comments