Dosen yang Diajar atau Mahasiswa yang Mengajar?


Pertengahan hingga akhir tahun 2011 ini saya melakukan dua hal yang cukup menyenangkan secara bersamaan, yaitu belajar (menjadi mahasiswa) dan mengajar (menjadi dosen).

Bulan Agustus lalu saya mulai kembali belajar dibangku formal untuk jenjang Master di Institut Teknologi Bandung jurusan Desain dengan mengambil konsentrasi "Animasi, Game dan Digital Media", secara bersamaan saya juga mengajar di Institut Manajemen Telkom, jurusan Desain Komunikasi Visual sebagai dosen luar biasa. Dua hal yang menurut saya nyambung, in line.

Dua hal ini sangat menyenangkan (dan keren) bagi saya karena ketika mendapat ilmu pengetahuan, konsep dan informasi baru, saya bisa langsung berbagi kepada orang yang lebih banyak... sekalian melanjutkan sedekah ilmu para dosen di ITB.

Saat-saat menyenangkan seperti ini membuat saya belajar untuk bisa menyederhanakan persoalan/ materi pengajaran untuk disebarkan lagi tanpa menghilangkan esensinya, sekaligus belajar untuk menjadi pengajar yang tidak membosankan. Saya juga jadi lebih senang berbagi, membuat slide-slide informasi dan materi pengajaran yang saya publikasikan di sini.

Semoga momen belajar-mengajar ini bisa terus berlangsung, setidaknya hingga akhir tahun Desember 2012 nanti.

Comments