5 Tips Mengajar Mahasiswa ala Yanuar

Suasana belajar di Magister Desain ITB (Animasi, Game & Digital Media)

Sebagai seorang mahasiswa sekaligus dosen, saya merasa perlu menulis catatan berikut, agar para dosen bisa mengerti sisi 'kesenangan' mahasiswa saat belajar, sehingga bisa membangun suasana belajar yang kondusif di dalam kelas... Tapi AWAS! Cara ini ada efek sampingnya... yakni, komunikasi yang terjalin antara dosen dan mahasiswa jadi semakin interaktif dan menyenangkan! 

Berikut 5 tips mengajar mahasiswa ala Yanuar :

1. Mulai kuliah dengan sesuatu yang FUN!
Di hari pertama kuliah, selain memberi pengantar tentang perkuliahan harusnya dosen juga memberi motivasi dan bercerita tentang hal-hal menyenangkan yang ada dalam perkuliahan nanti. Sebagai contoh, saya selalu mewajibkan diri saya untuk memutarkan beberapa video klip dari VW tentang FUN THEORY, ini berguna untuk meyakinkan mahasiswa bahwa apa yang kita lakukan sebaiknya dilakukan dengan cara yang menyenangkan!

Berikut dua contoh video Fun Theory dari VW (update Januari 2013)





2. Perlihatkan mahasiswa slide presentasi yang FUN!
Banyak dosen membuat slide presentasi yang penuh dengan teks, warna yang norak dan gambar latar belakang yang tidak kontekstual dengan isi materi... jujur saja itu semua sangat membosankan! Coba konsultasikan kepada desainer (atau pengajar desain) yang bisa membantu untuk membuat slide presentasi jadi semakin menarik, penuh dengan gambar yang kontekstual dan video yang mendukung, agar atensi mahasiswa dan suasana kelas jadi lebih hidup! Sebagai contoh, klik disini untuk melihat slide materi yang pernah saya buat (materi mengenai Gestalt).  
3. Berikan penjelasan beserta contoh-contoh yang FUN!
Ya, jangan selalu memaparkan teori... perbanyak contoh dengan analogi dan guyonan terkini yang kontekstual. Bila memungkinkan perlihatkan gambar-gambar yang mendukung materi perkuliahan dan putarkan video-video singkat yang sesuai dengan materi kuliah yang bisa diunduh di Youtube
4. Berikan tugas yang bermanfaat dan FUN!
Sesekali berikan tugas yang berorientasi pada diri mahasiswa, kontekstual dan up-to-date! Jangan berikan tugas yang terlalu kaku mengacu pada buku ajar, diimprovisasi sedikit tentu akan lebih baik.
5. Berikan ujian yang FUN!
Nah, untuk yang ini bisa dirangkum dari empat poin diatas, intinya, berikan ujian yang bermanfaat, berkesan dan membuat mahasiswa bahagia!
Okey, itulah 5 tips sederhananya... Ada masukan lain dari para dosen dan mahasiswa?

Catatan : 5 tips di atas sudah diuji-cobakan di beberapa kelas Desain Komunikasi Visual tingkat sarjana, yang mungkin bisa berhasil atau tidak bila diterapkan di kelas lain.