Inilah 10 Wirausahawan Muda Shell

Senin, 9 Agustus 2010 | 16:58 WIB
Sabrina Asril
Shell memilih sepuluh wirausaha muda yang berhak mendapatkan anugerah "Shell LiveWIRE Business Start-up Awards 2010", Senin (9/8/2010), di Hotel Mulia, Jakarta.
TERKAIT:
JAKARTA, KOMPAS.com — Shell Indonesia memilih sepuluh Duta Shell LiveWIRE Business Start-up Awards (BSA) 2010 sebagai salah satu bentuk corporate social responsibility(CSR).
Kesepuluh wirausahawan muda tersebut berhak mendapatkan dana pengembangan usaha sebesar Rp 20 juta serta pelatihan bisnis selama dua tahun. "Bentuk kewirausahaan ini merupakan solusi dari masalah setiap tahun kelulusan SMA atau perguruan tinggi sulit yang mendapatkan pekerjaan di sektor formal yang jumlahnya bahkan di atas dua juta per tahun," ujar President Director & Country Chairman PT Shell Indonesia Darwin Silalahi, Senin (9/8/2010) di Jakarta.
Menurut Darwin, berwirausaha mampu mengatasi pengangguran bagi sarjana yang baru lulus, sekaligus di saat yang bersamaan menciptakan lapangan usaha baru bagi orang lain.
Namun, lanjutnya, potensi kewirausahaan di Indonesia masih belum tergali. Berdasarkan data Kementerian Negara Koperasi dan UKM, dari puluhan ribu sarjana yang merupakan lulusan baru, hanya sekitar 17 persen yang berminat jadi wirausaha.
"Melalui ajang ini, kami berharap anak-anak muda yang berpotensi jadi pengusaha dapat terinspirasi dan terpacu untuk terus berkarya membangun bisnis mereka, yang pada akhirnya bisa berkontribusi membangun perekonomian nasional," tandas Darwin.
Dari 384 pendaftar dari seluruh Indonesia yang mengirimkan proposalnya, Shell memilih 15 orang finalis hingga dikerucutkan menjadi sepuluh orang pemenang.
Kesepuluh pemenang berhasil memenuhi komponen penilaian para juri, yakni ide bisnis yang dijalankan, model bisnis, strategi dan pengembangan bisnis, kepemimpinan dan individu, serta rencana bisnis.
Adapun kesepuluh pemenang Shell LiveWIRE BSA 2010 yakni Achmad Ferdiansyah dengan usaha "Herbal Electric Lamp (HETRIC)", Ali Bagus Antra dengan usaha "Bebek Garang", Ari Wibowo dengan usaha "Restdoor", Mirza Akbar dengan usaha "Yogya Ice Cream", Novita Eka Sari dengan usaha "Comfort Shop", Nur Kartika Indah M dengan usaha "Nata de Cassava" yang juga memenangkan Green Entrepreneur, Ridho Arindiko S dengan usaha "Minyak Goreng SAHARA", Rizky Kurnia Widianto dengan usaha "Unique Lancar Jaya", Valdy Galih Saputra dengan usaha "The Unique Culture", dan Yanuar Rahman dengan usaha "Vidiyan.com".
Kesepuluh wirausahawan muda tersebut berhak mendapatkan dana pengembangan usaha sebesar Rp 20 juta serta pelatihan bisnis selama dua tahun.

Penulis: C10-10   |   Editor: Edj

Sumber Link : 
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/08/09/16584219/Inilah.10.Wirausaha.Muda.Shell

Comments