Permainan Sepak Bola Legendaris


Ada yang tau permainan ini?
Yang pasti ini lebih seru dari Championship Manager dan lebih imersif ketimbang Pro Evolution Soccer, hehe...



Nama game legendaris tahun 90' an ini adalah Paper Soccer Millenium alias 'Mengbal Millenium'.

Ya, mainan ini kembali muncul di rumah saya semenjak beberapa pekan lalu saya menerapkan "waktu bebas layar" pada jam 18.00 - 21.00. Jadi di rumah kami seluruh anggota keluarga; saya, istri dan anak-anak (terutama anak pertama dan kedua, Sinnai dan Salma) sudah berkomitmen untuk lepas sejenak selama 3 jam dari media layar, seperti hp, tablet, laptop dan komputer (tivi gak masuk hitungan, karena di rumah memang gak pakek tivi), dan menjadikan ini sebagai GOLDEN MOMENT keluarga kami.

Sejak aturan ini diberlakukan, Sinnai dan Salma memang jadi lebih aktif mengeksplorasi harta karun di rumah yang berupa buku-buku, baik buku anak-anak maupun buku punya ayah dan ibunya, baik membaca sendiri ataupun minta dibacakan. Dannn, khusus untuk Sinnai, selain membaca buku dia juga sering meminta aktivitas lain yang lebih menantang sebagai penghilang rasa bosan. Inilah yang membuat saya memutar otak untuk memenuhi keinginannya, alhasil salah satu alternatifnya adalah me-recall kembali permainan-permainan analog masa lalu yang duluuuu pernah saya mainkan waktu seusianya.

Permainan sepak bola kertas ini lah salah satu contohnya, meski --mungkin cara bermainnya agak berbeda dibanding dulu, tapi esensi kesenangan dan keseruannya tetap tampak, saya dan Sinnai bisa menghabisakan 30 - 40 menit bermain sepak bola kertas ini  sampai skornya 13 - 20, hehe...




Selain permainan ini ada lagi contoh permainan lainnya seperti balap mobil dengan pena dan kertas yang juga gak kalah seru...

Well, secara umum di zaman serba digital ini, GOLDEN MOMENT pukul 1800 - 2100 bisa membuat keluarga kami makin mensyukuri hidup dan menikmati masa-masa bersama yang mungkin hanya sebentar, karena gak terasa... anak-anak sudah semakin cepat bertumbuh besar.

Alhamdulillah.

Comments