Cara membuka File Flash di iOS

Saya memiliki beberapa file presentasi dalam bentuk animasi yang berekstensi .swf, file presentasi ini memiliki fitur yang bisa di "klik" dan sifatnya non-linier, jadi saya bisa bolak balik membuka halaman yang diinginkan. Permasalahan muncul ketika ingin membukanya pada perangkat iOS, contohnya iPad. Karena seperti kita tahu, iOS tidak mendukung dan tidak akan pernah mendukung file flash (.swf, .fla) untuk dibuka diperangkatnya.

Nah, setelah sekian lama mencari tentang bagaimana cara membuka file filash berekstensi .swf akhirnya saya menemukan bahwa Google sedang membuat proyek untuk memecahkan masalah tersebut, SWIFFY. Mantappp!

Halaman awal Swiffy

Swiffy adalah salah satu jenis converter dari .swf ke HTML5 besutan Google Labs, file HTML5 tentunya dapat dibuka di Safari, dong. Saat ini swiffy masih dalam tahap beta dan hanya bisa mengkonversi file dengan ukuran maksimal 1 MB. Ya lumayan lah, kebetulan file-file yang saya miliki dibawah 1 MB, tampaknya ini juga sudah mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Untuk yang ingin mencoba, bisa langsung ke link ini... Selamat berkarya!

Comments