Pertimbangan Memulai Sebuah Bisnis


Berikut ini cuplikan bincang-bincang di milis startuplokal yang cukup menarik dan bermanfaat. Kali ini datangnya dari Pak Denny Santoso (@dennysantoso) owner sekaligus founder sixreps.com tentang beberapa pertimbangan dalam memilih dan memulai sebuah bisnis yang bisa berkembang, tips ini bisa disingkat dengan NECTS.


N = Need
Bisnis itu harus ada marketnya, ada yang membutuhkan... Disini startup banyak gagal, karena pola pikirnya produk oriented, harusnya market oriented.

E = Entry
Orang lain mau meniru bisnis kita gampang atau susah? Coba bayangin 500 orang seminar ikut MLM dan cara jadi distributor adalah bayar 1 juta misalnya. Maka selesai seminar 500 orang itu jadi kompetitormu semua :) Plus entrynya gampang, cuman 1 juta doank udah jadi kompetitor. Coba dibandingkan dgn bisnis pengolahan limbah. Mau mulai dari mana? Kan susah tuh ditirunya.

C = Control
U have to have control on your own business.
Ada contoh temen, buka bisnis melalui ebay, then dapet 10 juta sebulan, tapi ngga jelas kenapa, tiba-tiba menutup account dia dengan alasan, dari Indonesia banyak fraud (atau mungkin karena mau masuk Indonesia sendiri, i'm not too sure) yang pasti penghasilan yang diraih itu hilang dalam sekejap dan dia harus kerja ikut orang lagi sekarang.
Bayangin kalau kita kerja yang mengandalkan adsense, trus udah dapet 100 juta, tau tau ditutup. Padahal keluarga tergantung kita. Kalau bisnis kita banyak sih gpp, kalau itu satu-satunya? Bukan ngga bisa tapi high risk.

T = Time
Kita harus bisa meninggalkan pekerjaan kita suatu waktu.
Dokter praktek, tidak akan bisa kaya, karena kalo dia sakit, income stop. But, dokter tetep bisa kaya kalo dia bikin rumah sakit, trus dibuat franchise. Guru juga sama aja, hanya digaji kalo mengajar. Tapi kalau dia menciptakan sistem edukasi yang dijual luas, maka dia bisa kaya. Time ini tidak harus terpenuhi sekarang, bisa aja 10 tahun kedepan, hanya jangan sampe 100 tahun ke depan :)

S = Scalability
Apakah bisnis kita menjual hanya ke 100 orang? Atau ke 1000 orang? ke 1 juta orang? Punya 1 stand hot dog yg jualan 100 hot dog sehari mungkin ngga akan kaya, tapi kalau punya 500 stand di berbagai kota. Itu baru bisa kaya.

Gambar : http://upandrunning.bplans.com/wp-content/uploads/2011/02/colorful-graph.jpg