Kesalahan Umum: Bits dan Bytes (hint: kbps dan KB/s)

Hampir setiap masyarakat pengguna internet sudah termasuk kategori masyarakat yang melek dengan istilah kilobytes (KB), megabytes (MB), gigabytes (GB) dst. Namun jarang sekali yang aware dan suka keplituk soal beda bits dan bytes.
Kelihatan seperti sebuah hal yang sepele tapi rasanya perlu dibenarkan. Semoga tulisan ini bermanfaat buat masyarakat awam yang masih rancu soal beda antara keduanya. Bytes berhubungan dengan data storage. Ukuran hard disk, RAM, flash disk dan lain sebagainya. Bits biasa dipergunakan untuk ukuran kecepatan trafik. Misalnya dial-up modem 56 kbps (kilobits per second), ato koneksi internet kabel 128 kbps atau 256 kbps (kilobits per second), TelkomSpeedy 384 kbps (kilobits per second).
1 bytes dalam istilah komputasi modern = 8 bits. Jadi apabila anda memiliki koneksi internet dialup ~ 56 kbps maka maksimum download yang anda dapatkan adalah ~ 56 dibagi 8 = 7 KB/s.
B besar disana menunjukkan pengisian data (ke hard disk) yang kebetulan juga dihitung dalam satuan detik yaitu lebih kurang 7 kilo Bytes per second. Maksimum download speed yang anda peroleh untuk koneksi TelkomSpeedy misalnya ~ 384 dibagi 8 yaitu 48 kilo Bytes per second (48KB/s). Bandingkan dengan koneksi internet kabel 128 kbps yang hanya memungkinkan 128 dibagi 8 = 16 KB/s. Tentunya itu kondisi maksimal yang akan anda peroleh. Kenyataannya speed akan dibawah itu karena ADSL ato koneksi anda di kantor pun berbagi (share) dengan pihak pengguna lain. Namun sebaliknya, tidak mungkin anda memperoleh koneksi download file 48KB/s dengan menggunakan dial-up misalnya karena 48KB/s bukan 48kbps.
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Link-link yang dapat menjadi referensi antara lain: Bit (wikipedia), Byte (wikipedia), dan calculator konversi buat referensi anda.

*** Sumber : http://adinoto.org/?p=621#comment-210802

Comments